Tujuh Mei - Melahirkan Maheswari

Tepat seminggu lalu, ketika manusia terlahir baru.

Sabtu, 6 Mei 2017
 
Usia kehamilan hari ini sudah 39 minggu berdasarkan hasil hitung haid terakhir. Tapi kontrol terakhir USG, perkiraan lahir mundur sampai 2 minggu lagi dari hari ini. Ga kepikiran bakal terjadi hari ini, karena saya lebih berpatokan ke hasil USG. Tapi saya selalu diserahin ke bayinya lagi, terserah dia mau kapan keluar dan mau gimana caranya dilahirkan.

Pagi hari waktu itu biasa aja. Masih jalan-jalan keliling komplek sambil jajan enak. Masih beres-beres rumah kaya biasa. Siang harinya ikut mertua ke rumah bibi sambil sebelumnya jalan-jalan di Transmart Bubat nunggu sodara dateng dari Jakarta terus lanjut ke rumah bibi sambil botram makan ikan asin. Nikmat banget!

Sorenya istirahat. Tiduran barang 1 jam. Di tengah tidur siang, perut kerasa mulas. Dikira itu kontraksi palsu karena sebelumnya gatau mulas palsu kayak apaan dan pas berubah posisi pun mulasnya ilang. Selang 10 menitan, mulasnya kerasa lagi. Berubah posisi lagi, hilang lagi. Dan 1 jam kemudian kebangun pengen buang air kecil. Pas di kamar mandi, muncul flek darah di pembalut. Setengah udah kecoklatan, sebagian masih merah segar. Mungkin darahnya keluar juga waktu tidur, tapi ga kerasa.

Langsung aja lapor ke mertua dan minta antar ke bidan terdekat untuk periksa. Dan habis periksa dalam alias dicolok-colok, ternyata bidan bilang udah pembukaan 1 di jam 17.00. Wow, udah pembukaan aja. Bidan di situ nyaranin untuk segera ke tempat persalinan. 

Bada magrib, langsung menuju ke Klinik Padjadjaran di Jatinangor tempat rencana persalinan. Jam 21.00 diperiksa, masih bukaan 1. Bidan kasih pilihan mau diem di klinik atau pulang dulu. Karena berdasarkan cerita temen-temen yang lahiran, jarak pembukaan 1 ke pembukaan selanjutnya itu bisa berhari-hari bahkan seminggu. Jadi milih pulang aja dulu daripada geje di klinik. Lagian mulesnya juga masih ga terlalu sering.

Eh tapi pas perjalanan pulang kok mulesnya jadi rajin yak. Sampai di rumah, hitung waktu kontraksi, udah 5 menit sekali, 3 menit sekali, 2 menit sekali!! Dan mulesnya makin nikmat. Jiah, meluncur lagi ke klinik dan ketika diperiksa lagi udah pembukaan 4 di jam 23.00. Eh, buset. Geber amat. Ya sudah deh, akhirnya mulai ngasur dan menikmati tiap denyut mulasnya.

Minggu, 7 Mei 2017
 
Sabtu udah keliwat. Makin mules, makin kerasa ada yang dorong-dorong mau keluar. Eh, pas jam 02.00, udah saking mulasnya dan ada dorongan dari perut terus, minta diperiksa lagi dan udah bukaan 6. Waw... Makin mendekati lahiran. Semakin mulas makin mulas. Karena ngantuk berat, sampe nyempetin tidur pas lagi ga mules. Kebangun sebentar, ketiduran lagi. Gitu terus sampe akhirnya karena tidur dan badan rileks, begitu makin dilemesin, kaya ada yang dorong-dorong mau keluar dan jam 03.00 ada yang meletus balon hijau. Dor! Ketuban pecah. Bidan ngecek dan bilang," Yuk, pembukaannya udah lengkap..."
Wow! Lahiran...lahiran...

Bidan langsung ngarahin posisi. Tangan disuruh pegang pergelangan kaki. Ambil nafas dari hidung jangan dari mulut. Saat mengejan, jangan gigit bibir, cukup gigi ketemu gigi, mata jangan merem, liat ke arah keluar bayi, dagu nempel ke bawah, dan jangan keluar suara sedikitpun.

Asalnya nafas rusuh, dan alhasil hah heh hoh. Ketika ngikutin instruksi bidan, beneran enak banget... Jadi ga cape. Maksudnya cape sih, tapi capenya alhasil bikin lancar keluar si bayi. Lima belas menit kemudian, dengan instruksi bidan, pukul 03.15 Waktu Indonesia Bagian Bandung Nyerempet, bayi warna pink udah lahir sama plasentanya yang langsung ngaburusut.

Hah! Gile ini yang namanya lahiran. Ya Alloh, ya seneng, ya bahagia, ya nyeri, ya gitu lah nyak. Tapi ga berhenti di situ. Proses jahitannya belum selesai, Kakak...

Rencana mau lahiran tanpa jahitan tapi yang ada malah harus diobras ini mah. Karena sobek luar dalam. Kata bidan, kulit vaginanya tipis, terus pas lagi mulas, ternyata udah sobek duluan dan pas lahiran katanya sempet ngangkat pantat dikit. Jadi harus dijahit. Lahiran cuma 15 menit dari pecah ketuban, tapi dijahitnya sampe hampir 2 jam. Mana ga dibikin mati rasa dulu. Iya, ga dibius. Sampe udah ga kuat karena harus nahan saking sakitnya dijahit, badan sempet ngedrop dan dikasih infus satu labu. Wew, ngeluarin bayi 2,7 kg tinggi 48 cm aja sobeknya sedap, apalagi yang di atas 3 kg. Luar biasa, kalian hebat para ibu yang melahirkan bayi jumbo.

Fiuh, akhirnya selesai. Tinggal menikmati lemas yang selemas-lemasnya. Sambil pemulihan, langsung lahap makan ini itu, minum air putih banyak banget. Kalaaap...! Maklum capek banget. Malem minggunya adu nyawa.

Hore, akhirnya si bayik udah lahir. Ah, bakalan kangen saat-saat dia di dalem perut, ga ada lagi yang mijitin dari dalem. Ga ada lagi yang suka bikin geli perut. Tapi, sekarang udah bisa langsung dipeluk dan dirawel. Gemas!

Terima kasih, MAHESWARI NAPREWASA atas perjuangannya selama kamu di dalam perut sampai akhirnya kamu lahir dengan cara dan waktu yang kamu inginkan. Terima kasih punya malam minggu "menyenangkan" bareng kamu.

Dan jam 10.00 kita udah boleh pulang sama ibu bidan. Welcome home, bebski...! Saatnya kita bersama menghadapi fana...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tujuh Mei - Melahirkan Maheswari"