Iklan Keren Indonesia (Versi Anisa)

Jauh sebelum akhirnya saya melakukan petualangan Sang Saka ini, saya mengisi waktu luang saya untuk mencari sebuah tayangan dan gambar apapun tentang Indonesia. Kalau masalah video, dimana lagi yang paling akurat kalau tidak di Youtube, sebuah situs video dari mulai video ga penting, video ngaco, video salah upload, video bokep, video cara melipat celana dalam sampe video merinding yang saya punya. Bukan horor, tapi merinding karena Indonesia-nya.

Yap! Sudah hampir satu tahun saya punya iklan ini, tersimpan rapi di folder dalam laptop yang isinya kumpulan iklan-iklan tentang Indonesia yang bikin bulu kuduk berdiri. Mungkin saya berlebihan, tapi iklan-iklan itu selalu menjadi motivasi saya untuk membuat saya lebih percaya diri bahwa saya suatu saat akan bisa langsung menyentuh bagian tubuh-tubuh mereka, mencium aroma anginnya, menatap jingga ufuk dan senjanya, dan menghisap senyum wajah-wajah Nusantara.

Berawal dari sebuah iklan rokok yang tak pernah saya absen melihatnya setiap di atas jam 22.00. Siapa yang tidak tahu iklan "My Great Adventure of Indonesia" ? Diperankan oleh 3 (tiga) petualang keren, iklan sadis yang diluncurkan tahun 2011 ini bikin saya melek tiap ngantuk. Setelah liat iklan itu, ngantuk lagi. Terus TV nyalain, kalau kedengeran iklan itu lagi, bangun dulu bentar, terus tidur lagi. Gitu terus sampai memang bener-bener tidur ga kebangun lagi.

Karena terkadang ga begadang mulu tiap malam, akhirnya atas ijin Alloh SWT, saya diizinkan untuk men-download iklan tersebut. Oh, akhirnya bisa diliat tiap saat! Ga perlu nunggu iklannya di TV tiap malem, bisa diliat dimanapun. Iklan ini adalah iklan yang saya lihat sebelum dan sesudah tidur. Ritual tersendiri untuk saya setiap harinya. Musik sama view nya pas banget kena ke kalbu. Bisa aja Bob Gordon ini ngebawa perasaan manusia lewat iklan. Apalagi pas Rinjani-nya, men! Rinjani dan suara cewek yang bikin berkhayal bahwa saya lagi ada di situ. Tapi terkadang jadi malu, kok sutradaranya orang luar. Ah, bukan sedang ingin bahas itu. Ini iklannya, bro.



Ternyata eh ternyata. Youtube tidak hanya menyuguhi daftar iklan itu saja, ternyata dia menampilkan pula tayangan-tayangan behind the scene iklan My Great Adventure of Indonesia itu. Langsung diunggah sama DjarumTVC langsung. Yes!! Tanpa ba-bi-bu, tanpa a-i-u, saya langsung sedot 5 (lima) tayangan dibalik layar tersebut.

Kurang lebih satu tahun setelah My Great Adventure of Indonesia keluar di media di tahun 2011, munculah iklan sambungannya My Great Adventure of Indonesia Continues di tahun 2012. Tahu ada iklan itu di TV, besoknya saya unduh juga iklan itu dan siap memenuhi folder "Iklan Indonesia" di laptop saya. Musiknya lebih semangat. Lebih memacu adrenalin. Bob Gordon mengambil adegan-adegan lebih ekstrim dan lebih liar, lebih petualang. Dan memilih tempat-tempat yang belum banyak orang kenal.



Yiha! Punya dua-duanya! Tapi sayang belum keluar behind the scene untuk iklan yang kedua itu. Youtube itu baik banget yah, dia merekomendasikan tayangan lain yang berkaitan dengan video-video yang saya cari. Tergeserlah bola mata saya pada sebuah tajuk iklan Gudang Garam Rumahku Indonesiaku. Iklan ini benar-benar buat saya merinding. Dari mulai naratornya ngomong sampai visulisasinya yang saya percaya Indonesia punya pemandangan-pemandangan itu, sampai musikalisasinya yang menghanyutkan. Ini dia iklannya. Mungkin kalian selintas ingat. Memang iklan lama, keluar di media 7 (tujuh) tahun lalu oleh Gudang Garam dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2006.


Ketika aku melihat sesuatu 
yang tak pernah kulihat sebelumnya
Mataku terbuka 
Betapa indahnya negeri ini

Dan ketika ku merasakan 
Hanya di sini
17 Agustus 2006
Aku rindu kembali ke suatu masa 

hal yang tak pernah kurasakan sebelumnya
Hatiku terpukau 
Betapa besarnya bangsa ini

Di rumahku
yang membentang luas ke empat penjuru
Kupersembahkan seluruh jiwa dan ragaku
Dan kupastikan 
Tak kan ada yang mampu merebutnya dariku
Hanya di sini
Di Indonesia


Eits! Tidak berhenti sampai di sini. Gudang Garam (GG) emang selalu bikin iklan-iklan keren. Mulai dari Hari Kemerdekaan, Hari Raya, sampai Tahun Baru. Kemudian tahun 2012 kemarin, GG ngeluarin lagi iklan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-67. Ini juga bagus kata-katanya, harus simak baik-baik. Sumpah keren abis, ga pake lebai.

Saya lihat iklan ini waktu malem sebelum tidur. Waktu itu lampu remang-remang, larut dikuasai malam, sepi bukan main. Setelah iklannya habis, saya nangis. Itu musik terakhirnya yang suara "ha...ha...ha..." (bukan ketawa, apalah ini namanya ga ngerti).




Aku adalah Sang Saka yang mengangkasa di negeri ini
Aku rindu pada masa ketika aku bukanlah alat kepentingan
Aku rindu ketika semua warna baik adanya
Ketika hijau menyejukan
Ketika biru mendamaikan
Dan merah adalah kobaran semangat yang tiada henti

saat kita satu meski berbeda warna
Satu di bawah merah putih yang sama

Nah, ini ada satu tayangan lagi yang menurut saya keren abis. Ini bukan iklan. Video ini dibuat oleh sebuah tim yang terbentuk di Indonesia Travellers dalam pencarian agen-agen untuk menikmati dan mengeksplor Indonesia yang kemudian didokumentasikan menjadi sebuah video. Pulau Weh, Derawan, Komodo, Wakatobi, dan Raja Ampat menjadi destinasi-destinasi yang ditentukan pihak Indonesia Travellers untuk dirangkum keindahan alam dan budayanya menjadi sebuah video. Satu destinasi menjadi tugas untuk satu tim. Menurut saya, dokumentasi Tim Wakatobi adalah yang paling keren, tertata rapi (Siapa guwe tiba-tiba jadi juri gini... haha). Dan ternyata, mereka menjadi best team menurut para juri. Ini dia videonya. Cekidot!

.
Fully enjoying every minute of our journey, 
is always better than reaching the destination.
Because a journey is a destination.

Kalau kamu-kamu pernah baca kutipan kecil saya di blog. Agak-agak mirip sama di atas. 

Perjalanan adalah tujuan sesungguhnya.

Ada satu iklan lagi nih yang belum ketemu sampe sekarang. Iklan Aqua jaman dulu yang kalau ga salah modelnya itu Butet Manurung. Iklannya keren banget ada puisi-puisi pendek gitu. Waktu itu latarnya di pedalaman Jambi. Butet Manurung ngajar sekolah rimba di sana kan? Iya, iklan itu yang belum saya temuin sampe sekarang. Jadi saya mohon dengan sangat apabila anda-anda menemukan iklan yang saya maksud, harap segera lapor supaya bisa saya sedot langsung saat itu juga. Kalap...kalap!

INDONESIA NEVER DIES! Ga cuma video-video yang saya kasih lihat ini aja yang bagus. Masih banyak banget iklan-iklan keren yang bikin kamu makin cinta sama Indonesia. Cari sendiri aja noh di Yutup. Bagi-bagi yah kalau nemu iklan keren yang lain, buat nambah koleksi di laptop.

Kenapa saya senang mengumpulkan iklan-iklan itu?
Pertama, saya gasuka laptop saya penuh dengan film-film bokep kayak kamu-kamu pada. Haha. Kedua, sebenarnya simple, hanya untuk motivasi saya supaya lebih didekatkan dengan cita-cita keliling Indonesia. Setiap menonton iklan-iklan ini, seolah saya seperti terlibat didalamnya. Terasa Tuhan semakin mengutus semesta untuk mendukung impian saya. 

Kini, sudah lebih dari satu bulan ini saya berkelana. Meninggalkan ibukota untuk meraba Indonesia yang lain. Memang perjalanan saya ga semudah iklan-iklan itu dimana mereka dengan cepat menepi destinasi. Peralatan "tempur" yang saya punyapun ga selengkap mereka. Tapi petualangan dengan cara sendiri itu akan lebih keren dan lebih punya makna tersendiri. Dengan serba kesederhanaan, petualangan pun bisa kamu ciptakan. 

Entah apakah ini terjadi karena ada faktor dari ritual saya setiap malam. Yang pasti, perjalanan ini disponsori oleh Alloh SWT dan restu Ibu.

Salam Indonesia! 

Postingan terkait:

9 Tanggapan untuk "Iklan Keren Indonesia (Versi Anisa)"

izut mengatakan...

Hi Prem,
Gimana kabar kalian, habis dari Padang ke mana aja?
Keren tuh postingannya, jangan2 koleksi 3gp juga... lol

Andini Anisa mengatakan...

Halo, alhamdulillah baik, keren, luar biasa....

Hehe, trims,,, udah mampir sini...
dari Padang lanjut Bukittinggi,terus ke atas...heheh... :)

Rizal Agustin mengatakan...

Ajibb.. setelah gw tonton dengan seksama emang keren ya klip-klip + narasinya.

kalo gw sih boro-boro merhatiin :D

nice post :thumbup

Andini Anisa mengatakan...

@Rizal : Trims :D

UME mengatakan...

huahhh gara-gara kak prem, aku jadi keranjingan nonton iklan-iklan keren yang menginspirasi buat jelajah alam indonesia nih..
mau dong iklan yang rekomendid lagi buat dilihat :)

makasih sebelumnya :)

@yayangwika

Andini Anisa mengatakan...

@just umme : hehehe :p
hehehe... ada iklan lagi yang lain.. mungkin nanti aku posting lagi baru hehe :D

trims udah mampir sini :)

Unknown mengatakan...

Raih cita-cita setinggi langit, sukses selalu selamat smp tujuan.....

Melly mengatakan...

Halo, saya juga suka iklan2 yg membangkitkan semangat untuk lebih mencintai Indonesia ini.

salah satunya yg ttg Butet Manurung di rimba, sy jg lg nyari2 iklan itu di internet tp ga ktmu2 ya, suka sama kata2nya itu, keren

iklan itu pengen sy tampilkan di sini http://margeraye.blogdetik.com/2013/09/06/film-sokola-rimba/

Andini Anisa mengatakan...

@melly : iya tuh iklan yang butet manurung.. gila itu keren punyak!
waw....